1. Hak Pasien:

Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di puskesmas.

Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.

Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi.

Memperoleh layanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.

Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.

Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.

Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit dan data medisnya.

Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang diderita.

Memilih tenaga kesehatan yang diinginkan jika memungkinkan.

Memperoleh informasi diagnosa tatacara tindakan medis, tujuan tindakan, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.

Didampingi dalam keadaan kritis.

Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan.

Mengajukan usul, saran dan perbaikan atas perlakukan puskesmas terhadap dirinya.

 

2. Kewajiban pasien :

Memberikan informasi yang lengkapdan jujur tentang identitas dan masalah kesehatannya.

Mematuhi nasihat dan petunjuk tenaga kesehatan.

Mematuhi ketentuan yang berlaku di sarana pelayanan kesehatan.

Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.

 

Categories:

Tags:

Comments are closed